Minggu, 12 April 2009

"Crush Gear", Mobil Aduan yang Lagi Ngetren



Era kebut-kebutan tamiya boleh jadi akan segera berakhir. Kini produser mainan meluncurkan mobil-mobilan baru yang disebut crush gear. Cara memainkannya pun unik, yakni ditumbukkan! Bagi orangtua, barangkali sudah saatnya pula menyiapkan dana khusus, jaga-jaga anak-anak meminta dibelikan mobil-mobilan crush gear.

PENGARUH televisi yang begitu besar kepada masyarakat, kembali terbukti. Begitu sebuah stasiun televisi swasta menayangkan film animasi Crush Gear Turbo Fighter setiap hari Minggu pukul 07.00, adrenalin anak-anak yang gandrung mainan seperti menggelegak. Mobil-mobilan itu begitu gagah dan begitu dahsyat ketika bertumbukan dengan lawannya. Dan buntutnya, banyak orangtua digelandang anaknya ke toko mainan untuk membeli mobil-mobilan itu. Karena sekarang pun, mobil-mobilan ini sudah cukup laris manis, sekalipun banyak toko mainan belum menyediakannya.


"Crush gear saat ini sudah bisa menyaingi popularitas tamiya. Sekarang ini banyak pemain tamiya pindah ke crush gear," kata Ismiani, petugas gerai toys di Pusat perbelanjaan Sarinah, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Sabtu (15/3).

Gerai toys tempat Ismiani bekerja itu pun baru sekitar seminggu menjual mobil-mobilan crush gear. "Tapi sekarang sudah habis diserbu maniak mainan. Katanya main crush gear lebih menantang. Mungkin juga karena sudah bosan main tamiya," tambahnya.

Crush gear adalah mainan yang mengusung konsep batlle 4 WD (wheel drive) atau mobil balap tempur. Salah satu produsen toys yang gencar membanjiri pasar dengan mainan jenis ini adalah Auldey--perusahaan mainan yang berpangkalan di Guangdong, Cina.

Crush gear sebenarnya tidak berbeda jauh dengan tamiya, atau jenis mainan mobil balap lainnya. Pada prinsipnya tetap berupa mobil mainan model masa kini dengan keleluasaan membangun struktur body dan penciptaaan akselerasi serta kecepatan secara mandiri.

Namun, tidak seperti jenis mobil mainan terdahulu yang memfokuskan kepada optimalisasi kecepatan (speed), crush gear lebih condong membangun struktur body yang kuat dan seimbang agar mampu beradu badan dengan mobil musuh, sesuai dengan konsep batlle 4 WD atau mobil aduan yang disandangnya.


Sederhananya, penggemar atau pemain crush gear diminta untuk membangun struktur body mobilnya sedemikian rupa, hingga bisa mengalahkan mobil musuh dalam pertarungan saling tabrak atau saling serang. Pemenangnya adalah mobil pemain yang mampu menggulingkan atau merusak mobil lawan.

Untuk itu, jika pada tamiya--yang pemenangnya berdasarkan mobil tercepat-- ada treatment khusus guna mengoptimalkan speed, seperti membangun struktur mobil dengan tingkat halangan angin minimal, menambah suplai tenaga ke mesin, atau memilih ban dan sasis yang sesuai dengan akselerasi kecepatan agar tidak mudah terguling, maka pada jenis crush gear, treatment tersebut difokuskan kepada bagaimana membangun mobil yang kuat, tidak mudah rusak, dan punya daya serang tinggi.

Hanya saja, sama halnya dengan tamiya, crush gear juga harus dirakit terlebih dahulu. Merakitnya pun tak sulit. dalam setiap kotak atau kardus crush gear yang dibeli, disertakan lembaran panduan perakitannya. Namun, lembaran tersebut hanya memandu cara merakit mobil standar, seperti penyusunan body, memasang sasis, dan roda.

Untuk kesiapan tempur serta keunggulan daya serang, perakitan diserahkan sepenuhnya kepada kreativitas dan kemampuan pemain. Setiap pemain bisa meng up-grade mobilnya sesuai spesifikasi yang diinginkannya.

Misalnya jika ingin mobilnya stabil , tidak mudah terbalik, maka pemain bisa meng up-grade mobilnya dengan menggunakan sasis yang lebih lebar atau ban yang besar. Atau, jika ingin mobilnya punya daya serang yang tinggi, pemain bisa melengkapinya dengan berbagai persenjataan penghancur.

"Seperti tamiya, crush gear juga dilengkapi komponen-komponen up grade yang di jual terpisah. Pemain bisa membeli komponen tersebut sesuai spesifikasi yang diinginkannya," kata Ismiani.

Berbagai komponen tersebut, misalnya saja persenjataan, sayap penyeimbang, wheel set, car cover, dan sasis. Pemain bebas mengabungkan komponen-komponen ini sesuai selera. Namun tetap harus disesuaikan dengan standar spesifikasi mobilnya.

"Tidak semua mobil crush gear bisa pakai komponen tertentu. Harus disesuaikan dengan spesifikasi standarnya. Misalnya crush gear jenis tank, harus menggunakan komponen khusus tank. Tidak bisa pakai komponen untuk jenis racing," jelas Ismiani.

Dragon blaze

Saat ini salah satu jenis crush gear yang paling banyak dicari adalah model Dragon Blaze--mobil tempur berbentuk robot. Menurut Ismiani, model ini paling gampang di up-grade dan memiliki kemampuan tempur yang tangguh.

"Model lain juga ada. Tapi konsumen kebanyakan cari model robot seperti Dragon Blaze yang futuristik," tambahnya.

Seluruh crush gear standar keluaran Auldey dijual dengan harga Rp 34.500 per buah (tak termasuk baterai). Sementara crush gear keluaran Korea dan Jepang, harganya sedikit lebih mahal, sekitar Rp 50.000 per buah.

"Semua model crush gear merek Auldey harganya sama Rp 34.500. Jika ditambah komponen lain yang dijual terpisah, maka setiap pemain bisa menghabiskan biaya antara Rp75.000 hingga Rp 100.000. Ini masih lebih murah dibanding belanja tamiya. Kalau beli tamiya dengan berbagai komponen tambahannya, bisa habis Rp 500.000," kata Ismiani.


Ismiani memprediksi harga crush gear bisa semakin mahal jika tren memainkan mobil-mobilan ini sudah mewabah hingga ke kota-kota lain. Saat ini, tambah Ismiani, crush gear baru dimainkan di Jakarta dan Surabaya. (m5)

_____________________________________

Lebih Asyik Tanpa Trek



SEPERTI tamiya, mobil-mobilan crush gear bisa dimainkan dengan menggunakan lintasan (track) balap. Mulai dari lintasan dua jalur hingga enam jalur. Tapi, karena harus diadu, maka crush gear biasanya dimainkan tanpa lintasan.

"Kebanyakan pemain mengaku lebih senang mengadu mobilnya di luar lintasan. Dengan begitu, katanya, ngadunya lebih leluasa. Lagi pula yang dicari kan bukan kecepatannya, tapi saling serangnya," ucap Ismiani, petugas gerai toys di Sarinah, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Sabtu (15/3).

Setelah mobil selesai dirakit, maka pemain cukup melepaskan mobilnya ke arah musuhnya, agar saling berbenturan dan saling serang. Jika mobil lawan terbalik atau hancur, maka pemain tersebut dianggap kalah. Pemenangnya adalah mobil yang masih bisa berdiri dan utuh.

Untuk itu, menurut Ismiani, komponen senjata dan mengup-grade daya serang menjadi hal yang paling penting. "Kecepatan dan akslerasi menjadi pertimbangan nomor dua," ujarnya.

Spesifikasi umum crush gear memiliki panjang 195 mm, lebar 105 mm, dan tinggi 60 mm. "Jadi ukuranya tidak berbeda jauh dengan tamiya," tutur Ismiani. Mobil-mobilan ini menggunakan dua buah baterai jenis UM3 atau AA berkekuatan tiga volt sebagai sumber tenaga. Dua buah baterai ini diletakkan pada kotak khusus di bagian bawah.Bisa juga menggunakan baterai isi ulang atau yang recharger.



Hanya saja, untuk mencari berbagai komponen yang dibutuhkan agar crush gear beradu dengan gagah dan kuat, masih belum begitu mudah. Toko yang menjual komponen tersebut masih jarang. Gerai tempat Ismiani bekerja pun belum menyediakan komponen-komponen tersebut."Mungkin nanti, berbarengan dengan masuknya merek lain, maka komponen crush gear juga akan banyak dijual. Saat ini sepertinya baru perkenalan saja. Jadi yang di jual masih model standarnya," kata Ismiani lagi. (m5)

16 komentar:

  1. nggak ada ya komunitas crush gear ini di Indonesia?

    BalasHapus
  2. Buat TUrnamentnya donk..
    Saya dulu pake arena buat sendiri ukuran 6x2Meter.
    Sip banget dah. Sering tembok pembatasnya jebol semua di tabrak ato kena hempasan Gear yang terlempar akibat tabrakan. Wkakakak....
    Sayang dulu terbuat dari triplex yang murahan jadinya kadang gak rata disambungannya, jadi kadang sering kesandung-sandung sendiri pas mo tabrakan (jadi gak seru karena kesandung). Wkakakak....

    BalasHapus
  3. sekarang buanyak turnament n penghobinya crush gear,saya d jogja sndri stiap mnggu adakan gathering n turnament

    BalasHapus
  4. di semarang banyak mas, tiap weekend ngumpul2 kok

    BalasHapus
  5. Ayo dibikin booming lg dong, biar adik" kita tau serunya main mainan ini, biar gak cuma tau tamiya and bayblade aja, crush gear juga mereka wajib tau....

    BalasHapus
  6. saya lagi nyari crush gear,tapi susahbanget.
    saya di indramayu..
    saya pengen belanja banyaj untuk di jual di indramayu.
    soalnya belum ada di sini...
    hub saya di 087727268953 yg jual bnyak crush gear ya...

    BalasHapus
  7. Ada yg tau toko crush gear di jakarta yg lengkap saat ini

    BalasHapus
  8. D jogja yg jual dmna yaaa?? Dr kmrn muter" gk ada

    BalasHapus
  9. Dulu saya juga punya pnya satu waktu kecil tapi dah rsak gra2 di bantingin terus ama ponakan ane.yg nyisa kini cuma kenanganya aja :-(

    BalasHapus
  10. Yes.. setelah bertahun2 akhirnya saya bisa punya Crush Gear Lagi.. berkat Online shop..

    BalasHapus
  11. Kalo di jakarta, toko yg jual crush gear dimana ya??
    Terutama stealth jiraiya sama gallophorn. Trimakasih

    BalasHapus
  12. Kalo di jakarta, toko yg jual crush gear dimana ya??
    Terutama stealth jiraiya sama gallophorn. Trimakasih

    BalasHapus
  13. Yg dri kota kediri comunitas
    Gear fighter plat AG

    BalasHapus
  14. Yg dri kota kediri comunitas
    Gear fighter plat AG

    BalasHapus
  15. Skrg harganya mahal2 dk OS bnyak..dikota saya bojonegoro udah ga ada..nemu 1 jg kw ini..
    Pgn nostalgia lg..

    BalasHapus